Sunday, September 2, 2012

OBAT HERBAL BATU EMPEDU

Batu EmpeduPrintE-mail
Obat herbal Kumis KucingBatu empedu banyak terdapat pada orang yang telah berumur 40 tahun ke atas, namun sebagian besar orang yang mengandung batu empedu tidak menimbulkan gajala apa-apa. Adanya batu empedu itu kebetulan terlihat sewaktu dibuat foto Rontgen isi perut.

Bila batu itu menyumbat saluran empedu, barulah timbul gajala berupa sakit yang demikian hebatnya di daerah perut kanan atas, sehingga penderita berteriak-teriak. Makanan yang mengadung lemak dapat menambah rasa sakit.

Penyebab:

Salah satu penyebab batu empedu adalah kolesterol, yang tidak larut dalam air tetapi larut dalm empedu. Kadang-kadang susunan empedu itu kurang serasi sehingga kolesterol itu mengendap menjadi batu.

Pengobatan:

Orang yang menderita batu empedu bila tidak menimbulkan gejala sakit, tidak perlu dibuang melalui operasi. Namun penderita kencing manis walaupun tidak menimbulkan gejala bila menderita batu empedu dianjurkan untuk dioperasi agar tidak menyulitkan di kemidian hari.

Pada saat ini sedang dikembangkan obat untuk melarutkan batu empedu dengan cairan zat kimia, tetapi pemakaian obat kimia pelarut batu empedu itu memerlukan waktu 2 tahun. Sayanganya obat itu harus dipakai terus-menerus bila dihentikan batu akan terbentuk kembali.

No comments:

Post a Comment